Bupati dan Wakil Bupati Laksanakan Gebyar Tanam Pisang

Bupati dan Wakil Bupati Laksanakan Gebyar Tanam Pisang

ASAHAN - Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, anggota DPRD Provsu Dapil V Ebenezer Sitorus, SE dan Dirut PT Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra Laksanakan Penanaman Pisang dengan mengusung tema Gebyar Tanam Pisang bersama Bupati dan Wakil Bupati Asahan bertempat di Dusun XIII Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada hari Rabu, (13/10/2021).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto, MMA dalam laporannya menyampaikan bahwa Gebyar Tanam Pisang yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mewujudkan pengembangan komoditi pisang barangan di Kabupaten Asahan dan diharapkan juga dapat membuka peluang investasi demi meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani.

Oktoni juga menjelaskan, bibit tanaman pisang barangan ini bersumber dari bantuan Dana APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021, bekerjasama dengan PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan.

“Bibit Pisang barangan Merah Bersertifikat yang ditanam pada hari ini merupakan pengembangan teknologi kultur jaringan sebanyak 5000 batang serta pupuk organik sebanyak 5000 Kg untuk lahan seluas 5 Ha yang di serahkan kepada kelompok tani Harapan Jaya Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat”, ungkap Oktoni.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya secara tegas menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi domestik dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Lebih lanjut Bupati H. Surya, BSc mengatakan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Asahan akan terus melaksanakan upaya peningkatan nilai ekonomi, melalui investasi dan ekspor komoditas pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang positif, baik yang berasal dari sub.sektor pangan, hortikultura dan perkebunan.

"Komoditi pisang barangan merah merupakan komoditi yang memiliki nilai prospek yang positif untuk dikembangkan secara komersil, seperti di kecamatan Simpang Empat, Sei Kepayang, Bandar Pulau dan kecamatan lainnya apalagi kita didukung oleh PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan, dan sudah menerapkan teknologi budidaya pisang barangan dengan teknik kultur jaringan serta siap membantu petani dalam mengembangkan budidaya Pisang barangan merah di kabupaten Asahan", ucap Bupati.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada para petani untuk selalu optimis dan semangat dalam mengembangkan serta membudidayakan komoditas pertanian dan kepada para Camat dan Kepala Desa serta Kelompok Tani agar pro aktif mengajak masyarakat untuk sama sama membangun dan mengembangkan sektor pertanian demi kesejahteraan masyarakat tani di Kabupaten Asahan.

Acara Gebyar Tanam Pisang ini juga turut dihadiri OPD terkait, para Camat se Kabupaten Asahan, Forkopimcam Kecamatan Simpang Empat, para Kepala Desa se Kecamatan Simpang Empat dan masyarakat Desa Simpang Empat. Edward Banjarnahor 

Asahan
Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Previous Article

PC PMII Kabupaten Asahan Audiensi dengan...

Next Article

2 Orang Warga Asahan Terkonfirmasi Positif,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 305

Postingan Tahun ini: 1724

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 254

Postingan Tahun ini: 2761

Registered: May 23, 2021

HermanDjide

HermanDjide

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 2584

Registered: Nov 23, 2021

Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed verified

Postingan Bulan ini: 123

Postingan Tahun ini: 635

Registered: Sep 22, 2020

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Kelangkaan BBM di Kota Tidore Kepulauan, Ini Respon HMI Cabang Tidore
Agenda Kunker Presiden, HMI Cabang Tidore Layangkan Pernyataan Sikap Kepada Walikota Tidore Kepulauan
Imbas dari Pilkades, 8 Unit Rumah Panggung di Jeneponto Dibongkar Paksa oleh Pemilik Lahan
Pasca Pembongkaran 8 Rumah Panggung di Jeneponto, Mulyadi Mustamu Bersedia Siapkan Lahan Sekalipun Satu Desa
banner

Follow Us

Recommended Posts

Lakukan Pendataan KJA di Nagori Sibaganding, Jumlah Awal 976 Dikurangi 171, Tetap Beroperasi 910
Bupati Asahan Hadiri Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Kapolsek Perdagangan Respon dan Bantu Warga Alami Musibah Longsor dI Gunung Serawan
Liga 3, Karo United Kalahkan PSSA Asahan Dengan Skor 2-1
Diduga Kesal Terhadap Penyidik Polrestabes Medan, Candra Daftarkan Kasusnya ke MURI